Mengenal Flutter Lebih Dekat Dan Manfaatnya

Written by admin

June 8, 2022

Seiring dengan menjamurnya ponsel pintar, pembuatan aplikasi dengan desain yang menarik di berbagai platform semakin dilirik oleh banyak perusahaan.

Sejak pertama dirilis pada tahun 2017, Flutter banyak menarik perhatian para pengembang aplikasi. Sebagai contoh beberapa aplikasi ternama dunia seperti AlibabaEbay, dan Google Ads menggunakan Flutter dalam pembuatan mobile app perusahaannya. Sederhananya, Flutter adalah framework yang membantu developer dalam membuat aplikasi mobile lintas platform.

Lalu, mengapa Flutter begitu spesial di mata para pengembang aplikasi dan para pemilik perusahaan kelas dunia?

Apa Itu Flutter ?

Flutter merupakan salah satu produk yang dikembangkan oleh Google dan digunakan oleh para developer untuk membuat aplikasi lintas platform hanya dengan satu basis code (codebase). Flutter menggunakan teknologi open source yang memungkinkan developer untuk menghasilkan aplikasi yang dapat dipakai di berbagai platform, baik mobile Android, iOS, web, maupun desktop.

Menggunakan Flutter berarti developer hanya memerlukan satu bahasa pemrograman yaitu Dart dan satu basis code untuk membuat aplikasi di platform berbeda.

Apa yang dimaksud dengan Dart? Dart sendiri merupakan bahasa yang diciptakan oleh Google pada tahun 2011 yang berfokus pada pengembangan front-end sehingga bisa dimanfaatkan untuk membuat aplikasi mobile dan web. Berbeda dengan framework front-end pada umumnya yang menggunakan JavaScript sebagai bahasa pemrogramannya. 

Selain merupakan open source framework, Flutter memiliki dua komponen penting; Software Development Kit (SDK) dan Framework User Interface.

  • Software Development Kit (SDK) merupakan kumpulan tools yang berfungsi untuk membuat aplikasi agar bisa dijalankan di berbagai platform.
  • Framework UI merupakan komponen UI yang menyediakan fungsi, seperti teks, tombol, navigasi, dan lain-lainnya, yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan.

Kelebihan Framework Flutter

Pada dasarnya bahasa pemrograman memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, lalu apa yang menyebabkan Flutter menjadi spesial? 

Selain sebagai platform gratis dan open source, alasan dibalik meroketnya popularitas Flutter di kalangan app developer adalah sebagai berikut: 

1. Pengembangan Aplikasi Lebih Mudah dan Cepat

Alasan pertama mengapa harus mencoba framework Flutter adalah tersedianya fitur-fitur yang membuat proses pengembangan menjadi lebih mudah dan cepat.

Flutter memiliki fitur widgets yang juga dikeluarkan oleh Google dengan kualitas coding yang tinggi. Fitur ini bisa dikustomisasi dengan mudah, tanpa perlu menulis coding dari nol sehingga membuat prosesnya menjadi lebih efektif dan efisien.

Sumber gambar: blog.logrocket.com 

Selain itu, Flutter juga memiliki fitur Hot Reload yang akan menampilkan hasil coding secepat kilat. Hal ini memudahkan Anda untuk bereksperimen dalam menambahkan fitur atau memperbaiki bug dengan lebih cepat.

Dengan Flutter, Anda tidak perlu menggunakan bahasa lain untuk membuat aplikasi di platform yang berbeda. Cukup dengan memanfaatkan widgets yang disediakan Flutter. Anda bisa membuat aplikasi untuk Android maupun iOS dalam sekali waktu.

2. Tampilan User Interface yang Menarik

Selain memudahkan developer untuk membuat aplikasi, Flutter juga menawarkan untuk membuat  tampilan user interface aplikasi menjadi menarik. 

Fitur widgets yang disediakan oleh Flutter dapat membuat tampilan desain aplikasi Anda lebih menarik. Anda dapat memanfaatkan koleksi widget yang tersedia tersebut untuk tampilan layout, navigasi, animasi, tema, font, hingga pengaturan tampilan scrolling.

Yang lebih membuatnya semakin menarik, widget Flutter dapat Anda kustomisasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, Anda bisa membuat tampilan aplikasi yang unik dan stand out dengan mudah.

Sumber gambar: dribble.com

3. Biaya Pengembangan Lebih Hemat

Karena Flutter merupakan framework pembuatan aplikasi multiplatform, maka proses pengembangannya lebih efisien dibanding dengan menggunakan framework lain.

Dilengkapi lagi dengan adanya fitur seperti; Hot Reload, UI widget, data back-end, platform integration, packages, dan plugin yang memudahkan developer membuat aplikasi. Sehingga, mereka dapat menghemat tenaga, waktu, dan biaya lebih banyak.

Hal tersebut yang membuat framework Flutter menjadi salah satu framework yang popular dikalangan developer di beberapa perusahaan kenamaan dunia. Keuntungan-keuntungan tersebut tentu sulit Anda dapatkan jika menggunakan framework selain Flutter yang belum menyediakan fitur tersebut.

Flutter sebagai Solusi Tepat Pembuatan Aplikasi Anda

Flutter merupakan framework yang digunakan untuk membuat aplikasi multiplatform. Baik untuk pembuatan aplikasi mobile Android, dan iOS. Hal itulah yang membuat flutter semakin digemari sebagai framework pilihan para developer untuk membangun aplikasi mobile baik Android maupun iOS.

Tak heran jika sekarang banyak perusahaan pengembang yang mengadopsi flutter sebagai salah satu servis yang mereka tawarkan. Sehingga jika Anda ingin membangun sebuah aplikasi mobile menggunakan framework flutter, Anda tidak perlu bingung untuk mencari perusahaan pengembang.

Mungkin kamu juga suka…

Model Bisnis Industri Software

Model Bisnis Industri Software

Ketika memasuki bisnis di industri software, ada beberapa model bisnis yg dapat kita pilih: 1. Software Producer —...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.